Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pembangunan

DISKUSI AKATIGA 12 SEPTEMBER 2012

Diskusi ini akan menguraikan penjelasan konseptual disertai studi kasus tentang pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembangunan di Indonesia. Lebih rinci, diskusi ini akan berusaha menjawab pertanyaan-pertanyan berikut,

(1) bagaimana persisnya konsep tentang TIK untuk pembangunan itu, bagaimana latar belakang dan sejarah kemunculannya;
(2) bagaimana relevansi dan praktek penerapan TIK dalam program-program pembangunan di Indonesia, apa saja contoh kasusnya dan bagaimana hasilnya sejauh ini?;
(3) berdasarkan karakter dan potensi-potensi yang ada (teknologi dan masyarakat) bagaimana sebaiknya program TIK untuk pembangunan di Indonesia itu dirancang dan dijalankan?

PEMBICARA DAN MODERATOR

Ambar Sari Dewi (Sosiolog UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Google Policy Research Fellow 2012)
Ambar Sari Dewi akan mengemukakan kajian konseptual mengenai penggunaan teknologi informasi untuk pembangunan serta relevansi dan praktik penerapannya secara umum di Indonesia.

Kanika Metre (Luce Scholar–The Henry Luce Foundation)
Kanika Metre akan memaparkan hasil penelitiannya tentang penggunaan TIK oleh pekerja migran domestik di Jawa Tengah dan implikasinya terhadap pemanfaatan TIK untuk pembangunan di Indonesia.

Diskusi akan dimoderatori oleh Ikhlasul Amal (Ahli dan pegiat Teknologi Informasi dan Komunikasi)

WAKTU DAN TEMPAT

Diskusi akan diselenggarakan pada Rabu, 12 September 2012, mulai dari jam 14.00 s.d. 16.00, bertempat di ruang pertemuan AKATIGA Pusat Analisis Sosial, Jl. Tubagus Ismail II No. 2, Bandung.

Diskusi ini gratis dan terbuka untuk umum. Untuk keikutsertaan silakan konfirmasi ke akatiga@indo.net.id