Saat ini AKATIGA telah memiliki sekitar 29 staf, yang terdiri dari 20 peneliti (full time dan part time, 9 staf pendukung (pustakawan, administrasi keuangan, informasi publikasi, dan kerumahtanggaan.

Latar belakang pendidikan peneliti adalah antropologi, hukum, sosiologi, kehutanan, studi pembangunan, perencanaan wilayah dan kota, dan ekonomi, dengan dua orang berpendidikan S-3 dan 6 orang S-2. Secara prinsip, AKATIGA lebih memilih untuk mengembangkan dan melatih tenaga-tenaga peneliti muda untuk mengakumulasikan keahlian penelitiannya menjadi peneliti madya dan (dalam jangka panjang) untuk menjadi peneliti senior. Pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan ditujukan untuk berbagai persoalan dan tantangan kelembagaan sebagai berikut:

  • Pengembangan kapasitas sumber daya manusia yang diarahkan untuk melakukan penelitian dengan mutu akademis yang baik.

  • Pengembangan sumber daya manusia yang diarahkan untuk pengembangan staf pendukung sehingga memiliki keahlian kualitas manajemen informasi dan manajemen organisasi yang mendukung kegiatan penelitian.

  • Peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang diarahkan untuk mengembangkan kapasitas peneliti menjadi penyedia jasa training penelitian kepada stakeholder AKATIGA.